Sabtu, 31 Oktober 2009

Sekilas Tentang Pemasaran

Market Summary

* Marketing is a process and that makes manajeral individuals or groups get what they need and want by creating, offering, and exchanging products of value to other parties or any activity related to delivery of products or services from producer to consumer

* The target of marketing is to attract new customers by promising superior value, attractive price, distribute products more easily, effectively promote and sustain existing customers to retain the principle of customer satisfaction.

* Management of marketing is an attempt to plan, implement (which consists of activities to organize, direct, coordinate) as well as supervise or control the marketing activities within an organization to achieve organizational goals efficiently and effectively.

Read More......

Minggu, 25 Oktober 2009

Jaminan Sosial Tenaga Kerja

Jaminan Kecelakaan Kerja

Pengertian

Kecelakaan kerja termasuk penyakit akibat kerja merupakan resiko yang harus dihadapi oleh tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya. Untuk menanggulangi hilangnya sebagian atau seluruh penghasilan yang diakibatkan oleh adanya resiko - resiko sosial seperti kematian atau cacat karena kecelakaan kerja baik fisik maupun mental, maka diperlukan adanya jaminan kecelakaan kerja. Kesehatan dan keselamatan tenaga kerja merupakan tanggung jawab pengusaha sehingga pengusaha memiliki kewajiban untuk membayar iuran jaminan kecelakaan kerja yang berkisar antara 0,24% s/d 1,74% sesuai kelompok jenis usaha.

Manfaat
Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan pada saat dimulai berangkat bekerja sampai tiba kembali dirumah atau menderita penyakit akibat hubungan kerja. Iuran untuk program JKK ini sepenuhnya dibayarkan oleh perusahaan. Perincian besarnya iuran berdasarkan kelompok jenis usaha sebagaimana tercantum pada iuran.
1. Biaya Transport (Maksimum)
    a. Darat Rp 400.000,-
    b. Laut Rp 750.000,-
    c. Udara Rp 1.500.000,-
2. Sementara tidak mampu bekerja
    a. 4 bulan pertama 100 upah
    b. 4 bulan kedua 75 % upah
    c. Selanjutnya 50 % upah
3. Biaya Pengobatan/Perawatan : Rp 12.000.000,- (maksimum) *
4. Santunan Cacat
    a. Sebagian-tetap % tabel x 80 bulan upah
    b. Total-tetap
        - Sekaligus 70 % x 80 bulan upah
        - Berkala (2 tahun) Rp. 200.000,- per bulan *
    c. Kurang fungsi % kurang fungsi x % tabel x 80 bulan upah.
5. Santunan Kematian
    a. Sekaligus 60 % x 80 bulan upah
    b. Berkala (2 tahun) Rp. 200.000,- per bulan *
    c. Biaya pemakaman Rp 2.000.000,- *
6. Biaya Rehabilitasi : Patokan harga RS DR. Suharso, Surakarta, ditambah 40 %
    a. Prothese anggota badan
    b. Alat bantu (kursi roda)
7. Penyakit akibat kerja, Tiga puluh satu jenis penyakit selama hubungan kerja dan 3 tahun setelah putus hubungan kerja.

Iuran
1. Kelompok I : 0.24 % dari upah sebulan.
2. Kelompok II : 0.54 % dari upah sebulan.
3. Kelompok III : 0.89 % dari upah sebulan.
4. Kelompok IV : 1.27 % dari upah sebulan.
5. Kelompok V : 1.74 % dari upah sebulan.
*) sesuai dengan PP Nomor 76 tahun 2007

Tata Cara Pengajuan Jaminan
Apabila terjadi kecelakaan kerja pengusaha wajib mengisi form jamsostek 3 (laporan kecelakaan tahap I) dan mengirimkan kepada PT. Jamsostek (persero) tidak lebih dari 2x24 Jam terhitung sejak terjadinya kecelakaan.
Setelah tenaga kerja dinyatakan sembuh / meninggal dunia oleh dokter yang merawat, pengusaha wajib mengisi form 3a (laporan kecelakaan tahap II) dan dikirim kepada PT. Jamsostek (persero) tidak lebih dari 2X 24 jam sejak tenaga kerja dinyatakan sembuh/meninggal. Selanjutnya PT. Jamsostek (persero) akan menghitung dan membayar santunan dan ganti rugi kecelakaan kerja yang menjadi hak tenaga kerja/ahliwaris.
Form Jamsostek 3a berfungsi sebagai pengajuan permintaan pembayaran jaminan disertai bukti-bukti:
1. Fotokopi kartu peserta (KPJ).
2. Surat keterangan dokter yang merawat dalam bentuk form Jamsostek 3b atau 3c.
3. Kwitansi biaya pengobatan dan perawatan serta kwitansi pengangkutan.

Read More......
 

IndRa | SeNyo